Larangan Menyiksa Binatang Dalam Islam [Ancaman Neraka]

Assalamu'alaikum Saudaraku seiman, pada artikel ini menjelaskan tentang Larangan Menyiksa Hewan atau Binatang dalam agama Islam. Diantara kita yang suka dan gemar memelihara hewan piaraan alangkah baiknya untuk merenungi isi hadits dan nasehat agar kita tidak terjerumus ke dalam perbuatan yang mengakibatkan kita masuk kedalam Neraka yang disebabkan oleh hal yang mungkin bisa dianggap remeh oleh manusia.

Hukum Menyiksa Binatang [Ancaman Neraka]


Saudaraku, adakah kita termasuk orang-orang yang memelihara Binatang? jika ia maka kita harus bertanggung jawab mengurus Binatang peliharaan kita karena penyebab Seseorang masuk Neraka adalah disebabkan oleh hal kecil seperti yang telah Nabi ﷺ  sabdakan yaitu seorang wanita yang memelihara kucing, namun wanita tersebut mengurung kucing tersebut hingga kucing tersebut mati karena kelaparan.

Kisah tersebut dikutip dalam Hadits riwayat Bukhari, berikut adalah bunyi haditsnya :
:عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
عُذِّبَتْ امْرَأَةٌ فِي هِرَّةٍ حَبَسَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ جُوعًا فَدَخَلَتْ فِيهَا النَّارَ. قَالَ: فَقَالَ: وَاللَّهُ أَعْلَمُ لاَ أَنْتِ أَطْعَمْتِهَا، وَلاَ سَقَيْتِهَا حِينَ حَبَسْتِيهَا، وَلاَ أَنْتِ أَرْسَلْتِهَا فَأَكَلَتْ مِنْ خَشَاشِ الأَرْضِ

Artinya : Dari Abdullah ibn Umar ra: Bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
"Seorang wanita disiksa disebabkan mengurung seekor kucing hingga mati kelaparan lalu wanita itupun masuk neraka. Dia (Ibn Umar) berkata: Beliau bersabda: Dan Allah Maha Mengetahui engkau tidak memberinya makan, engkau juga tidak memberinya minum ketika engkau mengurungnya, dan engkau juga tidak membiarkannya berkeliaran sehingga dia dapat memakan serangga tanah."
HR. Bukhari 2192 


Dalam agama yang mulia (Islam) terdapat banyak hukum yang ditetapkan oleh Allah kepada hamba-hambanya dari berbagai segi, segi yang sederhana contohnya adalah hak terhadap makhluk hidup. Maka jika kita termasuk salah seorang yang memelihara binatang rumahan seperti kucing dan kelinci, alangkah baiknya jika kita bisa merawat dan memberinya makan serta tidak melarang Binatang tersebut keluar rumah untuk mencari makan. 

Semoga kita selalu diberi Taufiq oleh Allah Azza Wa Jalla untuk lebih memahami batas-batas dalam Agama kita dan tidak serta merta menganggap remeh hal-hal kecil yang terkadang kita anggap kecil namun Besar Dimata Allah Ta'ala.

Dari hadits ini kita bisa megambil hikmah terkait perbuatan seorang wanita yang masuk neraka dengan perbuatannya. Terlepas dari itu semua ini adalah hal yang sepele dan dianggap remeh oleh sebagian orang yang lalai dalam mengurus hewan piaraannya.

Adapun kesimpulan dan inti dari hadits ini menjelaskan tentang :
  • Anjuran untuk menyayangi hewan, sebagaimana suatu disebutkan dalam suatu hadist: Kasihilah yang ada di bumi, niscaya kalian akan dikasihi Yang di langit.
  • Larangan menyiksa hewan dan mengurungnya.
  • Siksaan api neraka bagi yang menyiksa hewan.
Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan, terutama bagi kita yang suka dan gemar memelihara hewan piaraan agar jangan lalai dalam memenuhi hak-hak hewan yang kita rawat tersebut.

0 Comments

Posting Komentar