Mengenal Imam Mahdi, Ciri-ciri dan Tanda-tanda Imam Mahdi (Shahih)

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. Salam semua, pada artikel ini akan membahas khusus gambaran tentang Imam Al-Mahdi yang mungkin banyak yang sudah tahu akan kedatangannya di akhir zaman.

Ciri-ciri  dan Tanda-tanda Imam Mahdi

Mengenal Imam Mahdi, Ciri-ciri  dan Tanda-tanda Imam Mahdi Menurut Para Ulama Berdasarkan Hadits-hadits Rasulullah Salallahu'alaihi Wasallam. 



Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam telah memberikan informasi tentang kemunculan Al-Mahdi sejak 14 abad yang lalu. Munculnya Imam Mahdi dikarenakan kejadian dan keadaan dunia serta umat manusia pada saat itu sedang mengalami berbagai macam fitnah (masalah) seperti merajalelanya kezaliman, hilangnya keadilan dan perselihan dalam merebut kekuasaan. Maka Imam Mahdi akan dibai'at oleh Manusia yang beriman pada saat itu.


Imam Mahdi atau Al-Mahdi 'Alaihissalam merupakan Pemimpin terakhir dimuka bumi sebelum datangnya hari kiamat. Imam Mahdi merupakan Hamba Pilihan Allah yang akan memimpin Dunia dengan Keadilan yang merata. Beliau akan bertemu dengan Nabi Isa 'Alaihissalam untuk memberantas dan membunuh Dajjal beserta bala tentaranya.

Sebelum kita menjelaskan Ciri- ciri dan Tanda-tanda Imam Al-Mahdi, terlebih dahulu kita merujuk pada kitab-kitab para Ulama Islam yang mu'tabar dan telah diakui keshahihannya. Berikut adalah kitab kitab para Ulama yang membahas tentang imam Al-Mahdi :


  • Al-Hawi Lii Fatawa (Karangan Al Imam As-Suyuthi,Rahimahullah)
  • Mukhtasar Fil Mahdi Al-Muntadzar dan As-Sawaiqul Mukhriqat (Karangan  Al Imam Ibnu Hajjar Al-Haitami, Rahimahullah)
  • At-Tawadhihu Fil Tawaturi Ma Jaa Fil Muntadziri Waddajjal Wal Masihi (Karangan Al Imam Al-Allamah As-Syaukani, Rahimahullah
  • Ibrazul Wahmil  Maknun Min Kalam Ibni Khaldun (Karangan Al-Muhaddits Sayid Ahmad Siddiq Al-Ghumari, Rahimahullah)

Diantara kitab-kitab yang telah disebutkan diatas, masih banyak yang lainnya, namun kitab-kitab yang kita sebutkan diatas sudah memenuhi pengetahuan kita tentang Al-Mahdi yang menerangkan secara jelas tanda-tanda dan sifat-sifat Al-Mahdi sebagaimana yang disebutkan didalam Hadits-hadits Rasulullah Salallahu'alaihi Wasallam.


Dalam pembahasan ini kami menyimpulkan langsung tentang tanda - tanda dan sifat- sifat Al-Mahdi sebagai berikut secara singkat padat dan jelas.


1. Nasab Al-Mahdi

Dari 40 Hadits yang telah dipaparkan dalam penulisan yang lepas, jelas dan nyata. Nasab keturunan Imam Al-Mahdi Al Muntadzar adalah keturunan Rasulullah Salallahu'alaihi Wasallam dari jalur Fathimah Radhialllahu'anha binti Rasulullah Salallahu'alaihi Wasallam.

Bab nasab Al-Mahdi ini banyak diperbincangkan oleh al-Imam Ibnu Hajar Al-Haitami, Rahimahullah dalam kitabnya Al-Qawl Al-Mukhtasar fi Alamatil Mahdi Al-Muntadzar dan juga Imam As-Suyuthi,Rahumahullah dalam kitabnya Al-Hawi Lil Fatawi.


2. Nama Asli Al-Mahdi

Berdasarkan Hadits Rasulullah Salallahu'alaihi Wasallam dalam haditsnya, Nama Al-Mahdi sama dengan nama Rasulullah yaitu Muhammad dan nama ayahnya juga menyamai nama Ayah dari Rasulullah Salallahu'alaihi Wasallam yaitu Abdullah. Dengan kata lain, nama  Al-Mahdi adalah Muhammad bin Abdullah.

al-Imam Ibnu Katsir Rahimahullah dalam kitabnya yang berjudul (An-Nihayah fil Malahim wal Fitan, Jilid 1, muka surat : 17), mengatakan :

"Dia adalah Muhammad bin Abdullah Al-'Alawi (Keturunan Ali) Al-Fathimi (Keturunan Fathimah) Al-Hasani (Keturunan Al-Hasan). Allah Subbhanahu wa Ta'ala memperbaikinya dalam satu malam yakni memberinya taufiq, ampunan, pemahaman dan juga bimbingan, padahal sebelumnya ia tidak seperti itu". 


3. Rupa dan Fisik

Dari 40 Hadits Rasulullah Salallahu'alaihi Wasallam, Imam As-Suyuthi dan Ibnu Hajar dalam kitab mereka dan juga berdasarkan Hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim, Abu Daud dan Al-Hakim, menjelaskan bahwa Al-Mahdi memiliki ciri-ciri rupa dan fisik sebagai berikut :

  • Memiliki Kulit seperti orang Arab
  • Terdapat tahi lalat pada pipi kanannya
  • Memiliki gigi yang berjarak 
  • Dahinya lebar
  • Hidungnya mancung
  • Memiliki tanda kenabian dipunggungnya, tepatnya ditengah diantara dua belikat (sembulan daging bewarna hitam sebesar telur burung merpati)
  • Kulitnya kemerah-merahan seolah-olah keturunan Bani Israil (Orang Israel)
  • Ketika di Bai'at, Al-Mahdi berusia sekitar 40 Tahun
  • Wajahnya bagaikan bintang yang bersinar (yakni memiliki ketampanan)
  • Keningnya nipis dan terpisah diantara keduanya
  • Memiliki mata agak besar (bulat) dan bercelak
  • Pahanya renggang
  • Beliau tidak banyak berbicara dan apabila ingin berbicara maka beliau akan menepuk paha kiri dengan tangan kanannya
  • Beliau membawa keadilan, kemakmuran serta kedamaian

Dalam Hadits lain disebutkan bahwa, : 

"Kulit Al-Mahdi adalah seperti kulit orang Arab pada umumnya, bentuk tubuhnya seperti bentuk tubuh Bani Israil, pipi kanannya terdapat tahi lalat dan Kekhalifahannya (Kepemimpinannya) Diridhoi oleh penduduk Bumi, penduduk Langit dan burung-burung di Angkasa." (HR. Abu Nu'aim dan Tabrani)

"Sungguh Allah akan melahirkan seorang laki-laki dari keturunanku, yang diantara sifat utamanya ialah giginya mempunyai jarak, dahinya lebar, keadilannya meliputi seluruh Alam..." (HR. Abu Nu'aim)

"Al-Mahdi adalah keturunanku, dahinya luas, hidungnya mancung. Dia memenuhi Bumi ini dengan Keadilan..."(HR. Abu Dawud dan Al-Hakim)

Diantara ciri-ciri dan tanda-tanda Al-Mahdi Alaihissalam  sudah disimpulkan diatas berdasarkan Hadits dari Nabi Salallahu'alaihi Wasallam.

Seandainya seseorang yang mengaku bahwa dirinya adalah Imam Mahdi, maka bandingkanlah dengan apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah Salallahu'alaihi Wasallam. Jika serupa dengan apa yang telah Nabi Salallahu'alaihi Wasallam terangkan maka tidak mustahil dia adalah Al-Mahdi.

Akan tetapi jika bertentangan dengan apa yang telah disebutkan didalam Hadits, maka janganlah kita tergolong dalam golongan ahli Bid'ah yang mencoba melahirkan "Imam Mahdi" versi kemauan sendiri. Karena sesungguhnya setiap yang bertentangan atau berlawanan dengan Hadits Rasulullah Salallahu'Alaihi Wasallam tidak menjamin secuilpun kebenaran yang ada padanya.

Namun secara real/nyata Imam Mahdi tidak mengakui dirinya sebagai Al-Mahdi akan tetapi Beliau dibai'at oleh penduduk Bumi karena mereka sudah mengetahui tanda-tanda dan ciri seperti yang telah Nabi Salallahu'alaihi Wasallam sampaikan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, share artikel ini kepada keluarga, teman dan kerabat yang anda cintai.

0 Comments

Posting Komentar